:: All About Accounting ::
Accounting Fun For All

Membuat Akuntansi Excel sederhana

Setelah vakum sekitar delapan bulan, dan dipengaruhi teman-teman akhirnya saya menyempatkan untuk mengupdate blog ini.

Bahasan yang terpikir saat ini adalah Aplikasi Akuntansi Excel. latar belakang saya membuat tulisan ini yaitu seorang teman saya pemilik perusahaan kontraktor yang telah memakai aplikasi akuntasi dari beberapa nama terkenal tidak perlu disebut pasti sudah tau nama-nama besar vendor aplikasi akuntasi). menurut dia, aplikasi-aplikasi tersebut memiliki beberapa kekurangan dalam beberapa fitur yang dibutuhkan. Tentu saja hal ini wajar karena biasanya jika perusahaan mau aplikasinya sempurna (sesuai kebutuhan perusahaan) maka mereka harus membuat sendiri aplikasinya. Biasanya dengan memperkerjakan programmer sendiri atau memakai jasa aplications developer yang tentu saja akan membebankan anggaran perusahaan. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan Excel. terlepas dari segala keterbatasannya, aplikasi dengan Excel akan sangat user friendly dan mudah di modifikasi sesuai kebutuhan perusahaan.

Berikut saya akan memberikan sedikit tutorial bagaimana membuat Aplikasi Akuntansi sederhana dengan Excel.

1. Pengenalan Siklus Akuntasi

Sebelum membuat aplikasi akuntansi, pertama kita perlu memahami siklus akuntansi nya. Akuntasi adalah proses pencatatan, pengklasifikasian, pengelompokan, peringkasan, pelaporan dan penganalisaan transaksi keuangan.

- Semua transaksi keuangan harus dicatat dan dibuatkan bukti transaksi.
– Transaksi yang sudah dicatat, diklasifikasikan jenisnya agar mudah dalam
pengelompokan. Hal ini tercermin dalam daftar klasifikasi transaksi yang disebut jurnal. Jurnal adalah catatan harian dari transaksi keuangan sekaligus pengklasifikasiannya.
– Transaksi yang sudah diklasifikasikan, selanjutnya dikelompokkan berdasarkan
jenisnya ke dalam sebuah tabel yang disebut akun. Kumpulan akun-akun ini disebut Buku Besar.
– Pada akhir Periode, saldo dari masing-masing akun dibuatkan ringkasan dalam sebuah tabel yang disebut Neraca Saldo.
– Dari Neraca Saldo inilah Laporan Keuangan disusun. Yaitu ; Laporan Laba-Rugi, Laporan Perubahan Ekuitas/Modal, Neraca, dan Cashflow.
– Laporan Keuangan inilah yang mencerminkan kegiatan perusahaan dalam satu periode akuntansi melalui suatu kegiatan analisa. Berdasarkan analisa ini tingkat kesehatan, progres, dan perkembangan perusahaan dapat diketahui. Informasi ini penting bagi pihak-pihak yang memerlukan informasi keuangan seperti ; Pemilik, Pemegang Saham, Pemerintah, Bank, dan Karyawan.
– Berdasarkan Laporan Keuangan, saldo dalam laporan keuangan menjadi saldo awal untuk periode selanjutnya.

Beberapa rumusan dasar dalam akuntasi,

- Aset = Hutang + Modal
– Aset = Hutang + Modal + Laba/Rugi
Laba/Rugi = Pendapatan – Biaya, maka
– Aset = Hutang + Modal + Pendapatan – Biaya
– maka hasil substitusi dari rumusan diatas menjadi

Aset + Biaya = Hutang + Modal + Pendapatan

Kelompok Aset dan Biaya, jika ada penambahan pada kelompok ini, maka dicatat di sisi Debit dan sebaliknya jika terjadi pengurangan maka dicatat di sisi Kredit. sedangkan,

Kelompok Hutang, Modal, Pendapatan, jika ada penambahan pada kelompok ini, maka dicatat di sisi kredit dan sebaliknya jika terjadi pengurangan dicatat di sisi Debit.

Berdasarkan rumusan di atas, maka rekening/akun dalam akuntansi dibagi menjadi 5 kelompok besar, yaitu Aset, Hutang, Modal, Pendapatan, dan Biaya.

2. Memulai Pembuatan Aplikasi Akuntansi.

Langkah awal kita adalah membuat sebuah ‘Data Base’ .

Dalam Data Base kita masukan hal-hal yang bersifat tetap dan kontinyu, seperti Nama Perusahaan dan Nomor Rekening beserta jenisnya (Debit/Kredit). Data Base akan sangat membantu kita dalam melakukan penjurnalan.

Selanjutnya kita mulai menjurnal.

Buat sheet khusus “Cash Book”, 5 baris teratas digunakan untuk header. Pada cell A1 diisi Nama Perusahaan dilink ke sheet Data Base (=’Data Base’!$B$2). lihat gambar

Untuk Nama Rekening menggunakan rumus =IF(ISBLANK(B6),””,VLOOKUP(B6,’Data Base’!A:B,2,FALSE)) fungsi ini ditujukan agar membaca Nomor Rekening di B6 lalu mencari namanya dari sheet Data Base.

Bersambung

About these ads

3 Responses to “Membuat Akuntansi Excel sederhana”

  1. [...] Akuntansi Excel sederhana -Part 2 Setelah membaca Membuat Aplikasi Akuntansi Excel sederhana tentu Anda akan menuggu lanjutannya :p. Ok, langsung kita lanjutkan pekerjaan kita yang [...]

  2. hmm menarik topik accounting yang anda buat sehingga menambah wawasan saya dalam bidang accounting yang saya jalanin di perusahaan ini

  3. Lg butuh advice utk pembuatan laporan keuangan nih…
    Could u help me


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: